03 May 2021, 12:18 WIB

PT KAI Daop 5 Purwokerto Beri Santunan Porter di 7 Stasiun


Lilik Darmawan | Nusantara

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) memberikan santunan kepada porter di 7 stasiun wilayah kerja Daop 5. Mereka mendapat paket sembako senilai Rp250 ribu. Kepala Daop 5 Purwokerto Joko Widagdo mengatakan bahwa PT KAI Daop 5 Purwokerto mengalokasikan dana Rp36 juta untuk memberikan santunan kepada porter di 7 stasiun yakni Stasiun Purwokerto, Kutoarjo, Gombong,  Kebumen, Kroya, Maos dan Sidareja.

"Pemberian santunan dalam rangka pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) sembako gratis Ramadan tahun 2021," jelas Joko di sela-sela pemberian santunan, Senin (3/5).

Menurutnya, porter merupakan petugas yang memberikan bantuan kepada PT KAI khususnya di Daop 5 Purwokerto.  

"Bantuan ini merupakan bentuk  perhatian kami kepada Porter stasiun yang selama ini telah membantu pelayanan kepada pelanggan KAI di stasiun," ujarnya.

baca juga: kereta api

Ia mengatakan bahwapandemi Covid-19 menyebabkan penurunan volume pelanggan KA. Dampak pandemi tersebut juga turut dirasakan oleh para porter di stasiun yang selama ini bergantung kepada para pelanggan yang menggunakan jasanya.

"Porter di stasiun merupakan mitra KAI yang bertugas membantu mengangkat barang-barang bawaan pelanggan di saat keberangkatan atau kedatangan kereta api. Tidak jarang porter juga membantu pelanggan KAI terkait info perjalanan dan fasilitas yang ada di wilayah stasiun tersebut. Tetapi saat sekarang, mereka juga terdampak," katanya

Kegiatan pembagian sembako ini merupakan program rutin CSR KAI yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadan dalam rangka membantu pihak-pihak yang membutuhkan bantuan. (OL-3)

BERITA TERKAIT