03 May 2021, 07:35 WIB

Vaksinasi Covid-19 Lansia di Kalsel Ditargetkan Selesai Juni


Denny Susanto | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menargetkan vaksinasi covid-19 untuk kelompok lansia di wilayah tersebut selesai pada Juni mendatang.

Target penyelesaian program vaksinasi untuk kelompok lansia itu diutarakan Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal warga Kabupaten Balangan. Ada sekitar 500 orang warga dan guru usia lansia yang menjalani vaksinasi tahap kedua ini.

Menurut Safrizal, capaian vaksinasi kelompok lansia di Kalsel masih rendah. Karena itu, pihaknya menargetkan penyelesaian vaksinasi untuk
lansia dapat segera mungkin.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Klaten Mereda

"Kita targetkan akhir Juni semua lansia yang  berjumlah sekitar 320.000 orang, selesai divaksin covid-19," ujar Safrizal, Senin (3/5).

Jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia masih belum cukup untuk melayani seluruh penduduk. Karena itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin covid-19 yakni tenaga kesehatan, lansia, guru, aparat atau orang dengan pekerjaan yang memiliki risiko tinggi tertular seperti anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya.

Setelah itu, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok lain mulai dari penduduk di daerah dengan kasus covid-19 tinggi.

Pada bagian lain, jumlah kasus positif covid-19 di Kalsel, saat ini, sudah mencapai 33.058 kasus dengan jumlah penderita meninggal dunia mendekati angka 1.000 orang, tepatnya 950 kasus kematian.

Tingkat penyebaran covid-19 di Kalsel sangat tinggi dengan attack rate (AR) sebesar 768,08 per 100 ribu penduduk.

Sementara itu, menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat tentang larangan mudik dan antisipasi ledakan kasus covid-19, Safrizal telah menerbitkan surat edaran tentang larangan mudik di wilayah tersebut. (OL-1)

BERITA TERKAIT