02 May 2021, 18:29 WIB

Mudik ke Banyumas, Siap-siap Dikarantina 5 Hari


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan tempat karantina di GOR Satria Purwokerto dan Balai Diklat Baturraden untuk mengisolasi pemudik yang datang pada masa larangan mudik 6-17 Mei mendatang. Mereka yang  pulang kampung ke Banyumas langsung karantina selama 5 hari, setelah itu  baru dilaksanakan tes usap.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa mulai 1-5 Mei dan 18-24 Mei, pemudik yang masuk ke Banyumas harus membawa hasil tes swab antigen dengan hasil negatif. Kalau tidak membawa harus tes swab antigen di puskesmas terdekat dengan biaya ditanggung sendiri antara Rp70 ribu hingga Rp80 ribu. Bagi yang tidak mampu, bisa gratis asal mendapat surat  rekomendasi dari kepala desa.

"Sedangkan mereka yang pulang kampung pada waktu larangan mudik, maka langsung karantina selama 5 hari. Baru setelah menjalani karantina selama 5 hari, akan dites swab. Jika negatif maka boleh pulang dan kalau positif, maka ada karantina lagi," kata Bupati, Sabtu (1/5) malam.

Dijelaskan, ada dua tempat yang digunakan untuk melakukan karantina yakni di GOR Satria Purwokerto dan Balai Diklat Baturraden. "Di kedua temppat, nantinya dipakai untuk mereka yang nekat mudik. Maka dari itu, kami minta jangan mudik saat Lebaran ini, jaga keluarga di  rumah, apalagi yang komorbid," ujarnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT