02 May 2021, 17:38 WIB

Pelindo 1 Perluas Bisnis Pemeliharaan Perkapalan ke Batam


Yoseph Pencawan | Nusantara

PT Pelabuhan Indoesia I (Persero), atau Pelindo 1, melalui cucu perusahaannya, PT Prima Multi Peralatan, telah mengoperasikan kantor cabang di Batam dalam mengawali ekspansi bisnis pemeliharaan perkapalan di kota itu.

Direktur Teknik Pelindo 1 Hosadi Apriza Putra mengutarakan ada dua tujuan utama perseroan melakukan perluasan bisnis ke Batam. "Yakni sebagai upaya memperluas jaringan bisnis dengan meningkatkan fasilitas dan menambah sumber daya manusia untuk menciptakan pasar baru," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (2/5).

Hosadi menjelaskan, ekspansi ini ditandai dengan pengoperasian kantor cabang PT Prima Multi Peralatan (PMP) di Batam, Kepulauan Riau, mulai April 2021. Bagi Pelindo 1, pengoperasian kantor cabang PMP di Batam merupakan langkah perluasan perusahaan dalam memperkuat jaringan bisnis yakni dengan meningkatkan kinerja perusahaan untuk mendorong pertumbuhan bisnis serta meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan bongkar muat.

Manajemen Pelindo 1 optimistis ekspansi bisnis yang dilakukan secara pesat dengan memanfaatkan fasilitas pelabuhan akan mampu mendorong pertumbuhan bisnis serta peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan bongkar muat. "PT Multi Prima Peralatan akan semakin gesit dalam menjalankan bisnis maintenance kapal dan alat-alat bongkar muat," katanya.

PT Prima Multi Peralatan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemeliharaan alat bongkar muat dan pemeliharaan kapal. Entitas bisnis itu merupakan anak perusahaan dari PT Prima Indonesia Logistik dan PT Prima Multi Terminal. Kedua perusahaan ini adalah anak usaha Pelindo 1.

Meski baru berusia tiga tahun, tetapi Prima Multi Peralatan sudah berhasil melaksanakan project pemeliharaan alat di berbagai pelabuhan di Indonesia antara lain di Pelindo 1 Cabang Terminal Petikemas Belawan, Cabang Pekanbaru dan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal. PMP juga mampu melaksanakan project docking kapal milik Pelindo 1 di Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara.

Direktur Utama PT Prima Multi Peralatan Hendri Indra menambahkan, ekspansi bisnis Pelindo 1 ini juga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan dan perluasan bisnis perusahaan hingga ke ranah internasional. Hal itu karena wilayah kerja Pelindo 1 merupakan pintu gerbang Selat Malaka yang memiliki peluang besar untuk bisa memperluas bisnis hingga ke mancanegara. (OL-15)

BERITA TERKAIT