27 April 2021, 14:55 WIB

Pemkot Indramayu Siapkan Tes Antigen di Lokasi Wisata


Nurul Hidayah | Nusantara

SATGAS Covid-19 siapkan tes rapid antigen untuk wisatawan yang berlibur ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat saat liburan lebaran ini.

Juru bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan tes rapid antigen akan dilakukan secara acak kepada wisatawan yang berlibur ke tempat-tempat wisata di Indramayu.

"Ini merupakan langkah kesiapan tetap dibukanya pariwisata mesji mudik lebaran dilarang," ungkap Deden, Selasa (27/4).

Dijelaskan Deden, kebijakan tetap dibukanya pariwisata di tengah larangan mudik bisa saja dimanfaatkan pemudik untuk pulang kampung. "Alasannya untuk berwisata," ungkap Deden.

Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Indramayu juga diminta untuk menyiapkan prasarana dalam penerapan protokol kesehatan di tempat wisata. Seperti tempat cuci tangan serta penyediaan hand sanitizer.

"Pengelola wisata juga harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan," tegas Deden yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu. Seperti memastikan semua pengunjung mengenakan masker dan mencegah kegiatan yang dapat memicu timbulnya kerumunan di tempat wisata.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat. "Aturannya secara vertikal dari pusat. Kita ikuti saja," ungkap Lucky.

Karenanya Lucky meminta kepada ASN di lingkungan Pemkab Indramayu untuk mematuhinya dan memberikan contoh dalam penerapan aturan mudik. "Ada sanksi tegas bagi ASN yang melanggar aturan tersebut," ungkap Lucky. (OL-13)

Baca Juga: Pengidap HIV/AIDS di Cianjur Didominasi Homoseksual

 

 

BERITA TERKAIT