20 April 2021, 08:33 WIB

Total Pasien Covid-19 di Klaten Sembuh 6.458 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

ANGKA kesembuhan pasien covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, hingga saat ini mencapai 6.458 orang dari total 7.383 kasus. Kemudian, sebanyak 437 orang menjalani perawatan di rumah sakit/isolasi mandiri dan 488 meninggal dunia. Koordinator Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo mengatakan bahwa perkembangan kasus covid-19 dalam dua pekan terakhir belum menunjukkan tren penurunan yang signifikan.

"Sementara, perkembangan situasi covid-19 di Klaten, Senin (19/4), ada penambahan 15 pasien sembuh setelah menjalani perawatan. Namun, kali ini terdapat 23 kasus terkonfirmasi positif dan satu orang meninggal dunia," paparnya.

Pasien yang sembuh, sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit/isolasi mandiri. Mereka warga asal Kecamatan Bayat, Jogonalan, Cawas, Delanggu, Wonosari, Wedi, Gantiwarno, Karanganom, Kebonarum, Klaten Tengah, dan Prambanan.

"Sekalipun dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk isolasi mandiri di rumah minimal selama tujuh hari. Dengan begitu, diharapkan kesehatan pasien yang baru sembuh itu bisa benar-benar pulih," kata Cahyono.

Di sisi lain, penambahan 23 kasus terkonfirmasi positif berasal dari 11 wilayah kecamatan. Dari penambahan kasus positif itu, sebanyak 12 orang kontak erat, tiga tertular di luar daerah, dan delapan orang lainnya terpapar di Klaten.

baca juga: Keluar Masuk Tebing Tinggi Wajib Punya Surat Bebas Covid-19

Kemudian, satu orang yang dilaporkan meninggal dunia, yakni pasien laki-laki berinisial AS, 31, yang tengah menjalani perawatan. Warga asal Kecamatan Pedan ini dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 pada 13 April 2021. Hingga saat ini penyebaran covid-19 di Klaten belum berhasil ditekan. Untuk memutus mata rantai persebaran virus korona itu, Cahyono Widodo mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dengan mematuhi protokol kesehatan. (OL-3)

BERITA TERKAIT