18 April 2021, 15:55 WIB

PDIP Kabupaten Malang Gotong Royong Pulihkan Korban Gempa


Bagus Suryo | Nusantara

PENGURUS dan kader PDIP Kabupaten Malang, Jawa Timur, bergotong royong memulihkan daerah terdampak gempa bumi. Mereka membantu warga membersihkan reruntuhan bangunan bersama BPBD, TNI, Polri dan relawan.

Sejumlah kader partai melakukan trauma healing anak-anak pascagempa termasuk membantu pendataan rumah rusak. Di Kabupaten Malang, sebanyak 6.782 rumah rusak akibat gempa bermagnitudo 6,1 pada Sabtu (10/4) lalu.

"Kami juga menyalurkan bantuan 7 ton beras dan mi di Kecamatan Tirtoyudo, Dampit dan Ampelgading," tegas Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Darmaji, Minggu (18/4).

Ia menyatakan gotong royong membantu korban bencana ini tugas kemanusiaan atas instruksi Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. Para kader partai turun ke lokasi bencana, membantu pembangunan rumah layak huni bagi pengungsi korban gempa di Desa Jogomulyan dan Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo.

"Kali ini kami sengaja datang dengan membawa pasukan lebih banyak karena nawaitu kami turun langsung untuk membantu," katanya.

Sementara Ketua Baguna Abdul Khodir mengaku pihaknya terus bergerak dan menyebar di semua desa. Petugas serbaguna mempercepat pemulihan korban gempa bersama Ketua PDIP Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto.

Didik yang juga Wakil Bupati Malang itu bersama Bupati Malang Muhammad Sanusi mengangkut sembako untuk dibagikan ke warga sejak awal gempa.

"Rumah-rumah harus segera dipulihkan, khususnya yang terdampak paling parah, agar warga bisa beraktivitas normal. Apalagi sekarang bulan Ramadan dan sebentar lagi Idul Fitri," tutur Bupati Sanusi saat mendampingi Forkompimda Pemprov Jatim meletakkan batu pertama pembangunan kembali rumah yang roboh di Desa Jogomulyan.

Sementara itu Supeno, warga Desa Sumbertangkil mengatakan warga bersama relawan dan petugas gotong royong bekerja di lokasi. "Bantuan sembako dan tenaga telah disalurkan secara merata, kami terus bekerja untuk mempercepat pemulihan korban gempa," pungkasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT