16 April 2021, 18:10 WIB

Antisipasi Pemudik Bandel, Polres Brebes Awasi Jalur Tikus


Supardji Rasban | Nusantara

MENGANTISIPASI adanya warga masyarakat yang tetap melakukan mudik, Polres Brebes, Jawa Tengah akan mengawasi jalur-jalur alternatif yang kemungkinan akan digunakan pemudik. Polres Brebes akan menurunkan anggotanya untuk mengawasi jalur yang dikenal dengan sebutan jalur tikus tersebut.

Langkah tersebut dilakukan agar kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat mudik Lebaran tahun ini benar-benar dipatuhi. Selain menerjunkan personel di jalur-jalur tikus, ada sekurangnya tiga titik yang disekat bagi kendaran yang akan masuk Jawa Tengah. Tiga titik yang bakal disekat yakni di Tol Pejagan-Brebes, jalur alternatif dari Ciledug arah ke Ketanggungan di desa Bojongsari, dan di jalur Pantura Desa Kecipir, Kecanmatan Losari.

Kalau yang di tiga titik yang disekat bila ada penmudik nekad bisa langsung di halau. tapi kalau yang melalui jalur timur jika tidak dijaga bisa lolos," ujar Kasat Lantas Polres Brebes Ajun Komisaris Putri Noer Cholifah, Jumat (16/4).

Putri mengatakan nantinya di pos-pos pengamanan baik yang di jalan utama seperti di tol dan jalan pantura secara berkala akan dilakukan pemeriksaan. "Semua kendaraan dan penumpangnya diperiksa. Jika kedapatan ada yang mudik tetapi tidak memenuhi persyaratan, kendaraan akan diperintahkan putar balik," terang Putri.

Menurut Putri, saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya  warga masyarakat yang mudik lebih awal memasuki Jawa Tengah. "Kalaupun ada kita tidak bisa bertindak karena ketentuannya mulai 6 hingga 17 Mei 2021," pungkasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT