16 April 2021, 13:30 WIB

Gunung Ile Lewotolok Meletus, Status Siaga


Palce Amalo | Nusantara

GUNUNG Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur meletus, Jumat (16/4) pukul 08.56 Wita. Status gunung telah dinaikkan menjadi siaga. Belum ada laporan warga mengungsi akibat meletusnya gunung tersebut. 

Tinggi abu vulkanik terpantau sekitar 1.300 meter di atas permukaan kawah, sedangkan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Petugas Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian mengatakan aktivitas vulkanik Ile Lewotolok masih fluktuatif. 

"Masih sangat berpotensi kembali erupsi, karena itu kita berharap masyarakat tetap siaga dalam mitigasi bencana gunung api," kata Stanislaus Arakian.

baca juga: Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Warga Waspadai Hujan Abu

Saat ini, masyarakat diminta tidak melakukan pendakian di atas radius tiga kilometer dari puncak demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama masyarakat Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape Timur, agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT