16 April 2021, 10:55 WIB

Saifuddin Djuba Dilantik Sebagai Penjabat Bupati Halmahera Utara


Hijrah Ibrahim | Nusantara

GUBERNUR Maluku Utara Abdul Gani Kasuba resmi melantik Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Maluku Utara, Saifuddin Djuba sebagai Penjabat Bupati Halmahera Utara. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Nuku Kantor Gubernur di Sofifi, Kamis (15/4).

Pelantikan Saifuddin oleh Gubernur berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.82-987 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara.

Gubernur Abdul Gani Kasuba usai melakukan pelantikan Pj Bupati Halmahera Utara mengatakan pelantikan ini merupakan momentum penting dalam menyelenggarakan pemerintahan untuk mengisi kekosongan jabatan bupati definitif yang telah berakhir masa jabatannya.

"Mengingat hingga hari ini proses Pilkada di Halmahera Utara belum selesai karena masih melakukan tahapan pemungutan suara ulang (PSU) sesuai perintah Mahkamah Konsutitusi," lkata Gubernur. 

Oleh karena itu, kehadiran Pj Bupati semata-mata untuk menjamin berlangsungnya roda pemerintahan di Kabupaten Halmahera Utara.

"Saya ingatkan kehadiran saudara dalam waktu yang singkat ini menjadi solusi atas permasalahan pemerintahan di Halmagera Utara," harap Abdul Ghani Kasuba.

baca juga: KPU Tetapkan Jadwal PSU di Sejumlah Daerah 

Sesuai keputusan Mendagri, tugas Pj Bupati Halmahera Utara menjamin kelancaran dan kesinambungan roda pemerintahan, termasuk ketenteraman dan ketertiban, melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai setelah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri, serta melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Gubernur juga meminta elemen masyarakat dan pemerintah agar tetap menjaga keharmonisan, ketenangan, dan kedamaian sampai proses PSU selesai. Untuk Pj Bupati yang baru dilantik agar menjalankan tanggungjawab sebaik-baiknya," pungkasnya. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT