15 April 2021, 17:15 WIB

Bus Gumarang Jaya Tabrak Lima Siswa SD di Jalan Lintas Sumatra


Yose Hendra | Nusantara

BUS Gumarang Jaya jurusan Sumbar-Jakarta menabrak lima siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Pitalah di jalan lintas Sumatra KM 11 Padang Panjang, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (15/4), sekira pukul 10.30. Tiga siswa di antara korban meninggal dunia dan dua lainnya kritis dan tengah dirawat di rumah sakit.

Para korban meninggal dunia bernama Afdholul Hardi, 9, Wahyu Ilahi, 10, Rafi Alfian, 9. Selanjutnya, korban luka ialah Muhammad Mudasir, 10, dan Azian Aqilla, 10, yang mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Yarsi Padang Panjang.

Kasat Lantas Polres Padang Panjang Ajun Komisaris Dedi Antonis mengatakan, para korban ditabrak saat berada di trotoar tidak jauh dari sekolah. Bus Gumarang Jaya yang sedang dalam perjalananan ke Jakarta itu diketahui sebelumnya membanting setir.

 

"Bus Gumarang nomor polisi BE 7320 CU dikemudikan sopir bernama Romi Julianto. Datang dari arah Padang Panjang menuju arah Solok," kata Dedi. "Rlomi Julianto hendak mendahului mobil Bus ANS yang ada di depannya dan karena di depan sekolah terdapat rambu jalan sehingga sopir bus hilang kendali dan mengambil ke arah kanan dan menabrak korban atau pelajar yang sedang berdiri di atas trotoar depan sekolah," bebernya lagi.

Kepolisian Resor (Polres) Padang Panjang yang bertanggung jawab di wilayah hukum lokasi kecelakaan kini sedang melakukan olah tempat kejadian. Sopir bus kini diamankan untuk dimintai keterangan.

"Anak ini masih sekolah dasar, masih kelas tiga. Total korban lima anak, tiga meninggal dan dua kritis," kata Dedi.

 

Di hari yang sama, lima kendaraan bermotor terlibat kecelakaan beruntun di kawasan Panorama II, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Delapan orang dibawa ke rumah sakit akibat kecelakaan itu.

Lima kendaraan itu dihantam truk boks dari arah belakang. Kecelakaan yang terjadi pada Kamis (15/4) sekitar pukul 10.00 itu mengakibatkan dua minibus masuk jurang.

Kedua minibus itu yakni jenis Pajero dan L300. Minibus jenis Kijang Krista mengalami rusak parah di bagian depan. Sedangkan satu sepeda motor jenis NMAX terseret truk tersebut. Para korban kecelakaan beruntun sudah dilarikan ke rumah sakit Semen Padang Hospital (SPH). (OL-14)

BERITA TERKAIT