15 April 2021, 14:55 WIB

Kasus Covid di Tiga Kabupaten di Babel Melonjak Ini Saran Satgas


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KASUS terkonfirmasi positif covid-19 melonjak di tiga Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Untuk itu, Satgas Percepatan Penanganan covid-19 Babel meminta tiga Kabupaten tersebut menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan, tiga kabupaten tersebut adalah, Belitung, Belitung
Timur dan Bangka Barat.

"Sebenarnya ada empat kabupaten yang kasusnya mulai melonjak, Namun Untuk Bangka Selatan, sudah menerapkan PPKM," kata Mikron, Kamis (14/4).

Ia mengaku kasus terkonfirmasi di tiga kabupaten itu, meningkat drastis seperti di Belitung Timur dari belasan sekarang sudah mencapai 668 orang, Belitung dari ratusan sekarang sudah 1.206 orang.

Sedangkan untuk Bangka Barat, dari puluhan kini sudah mencapai 640 orang. "Lonjakan kasusnya baru di tiga Kabupaten ini, Bangka Barat lonjakan kasus terjadi karena tradisi ruwahan di masjid belum lama ini,"ujarnya.

Pihaknya pun lanjut dia sudah mengeluarkan Surat Gubenur terkait langkah pencegahan dan pengendalian covid-19 di tidak Kabupaten tersebut,

"Pak gubernur sudah mengeluarkan surat untuk para bupati agar melaksanakan PPKM mikro, guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun sayangnya, dari tiga kabupaten itu, yang sudah menanggapi akan melaksanakan PPKM mengikuti beberapa desa di Bangka Selatan dan Bangka
Tengah baru Bangka Barat.

"Mungkin Belitung belum menanggani masalah PPKM ini, karena terfokus masalah wisatawanya, kendati demikian pihaknya tetap menghimbau pemkab
Belitung dan Beltim dapat melaksanakan PPKM khususnya di desa-desa yang menjadi zona penyebaran covid-19,"tegasnya.(OL-13)

Baca Juga: 34 Narapidana Terorisme Ucapkan Sumpah Setia NKRI

BERITA TERKAIT