15 April 2021, 11:41 WIB

Tiga Rumah di Karanganyar Tertimpa Longsor, Penghuni Selamat


Widjajadi | Nusantara

BENCANA longsor tebing setinggi 50 meter menghantam tiga rumah di Dusun Ngantirejo, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, yang ada di bawahnya, Rabu (14/4) malam saat para penghuninya sedang menjalankan shalat Tarawih di masjid.

" Kami tidak bisa membayangkan kalau para penghuni tidak sedang melaksanakan shalat tarawih," ungkap Sekdes Beruk, Jatiyoso, Rohmat (53) yang membuat laporan ke camat dan juga BPBD Karanganyar, Kamis pagi (15/4).

Menurut dia, bencana tebing longsor itu berlangsung usai hujan deras di wilayah Jatiyoso yang berlangsung sejak sore atau hari kedua ketika umat Islam setempat menjalani ibadah puasa.

"Nah sesaat hujan itu berhenti, tiba tiba terdengar suara gemuruh. Dan ketika sunber suara itu dicari, ternyata ada tebing ambrol, menghantam tiga rumah yang ada di bawahnya," imbuh dia.

Beruntung tebing ambrol itu hanya mengenai tiga rumah. Dua rumah rata terkubur, dan satunya lagi mengalami rusak berat. Kedua rumah yang terkubur longsoran itu milik Yadi (45) dan Kasidi (43). Sedangkan rumah milik Tardi (48) rusak parah di bagian dapur yang terkena hantaman longsoran tebing.

baca juga: Borneo Rescue Kini Kirim Relawan Bencana ke Malang

Hingga Kamis ini, warga bersama pemdes dan kecamatan Polsek dan Koramil bergotong-royong melakukan evakuasi meskipun berhati-hati karena khawatir terjadi longsor susulan. Sementara itu Camat Jatiyoso Kusbiyantoro mengatakan pihaknya fokus melakukan evakuasi bersama warga karena longsor yang membenamkan tiga rumah itu cukup parah.

"Kerugian materi pasti, karena tiga runah itu seperti terkubur. Tetapi yang penting itu tidak ada korban jiwa karena di Jatiyoso memang rawan longsor,"pungkas Kusbiyantoro. (WJ)


 

BERITA TERKAIT