15 April 2021, 10:14 WIB

Pemkab Sorong Gelar Pelatihan Laporan Keuangan Lewat Aplikasi SIPD


Martinus Solo | Nusantara

UNTUK tranparasi penggunaan anggaran APBD, Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat menggelar bimtek pelatihan proses pembuatan pelaporan keuangan daerah dengan Kementerian Keuangan, Kamis (15/4).

Sekretaris BPKAD, Fredrik Murmana menyampaikan bimtek untuk melatih para pengelola keuangan daerah terkait pelaporab keuangan dengan menggunakan aplikasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) sejalan dengan Permendagri No 70 Tahun 2019.

"Kami memberikan pelatihan tentang tatacara pelaporan keuangan daerah tersebu agar dapat mempermudah para pegawai dalam pelaporan keuangan daerah," kata Maurmana.

Junianto Nugroho dari Kementerian Keuangan  menjelaskaan saat ini SIPD menjadi aplikasi yang digunakan oleh semua pemerintah daerah dalam membuat laporan keuangan daerah. Untuk itu daerah wajib membuat laporan keuangan dengan SIPD sejalan dengan amanat undang-undang. 

Bupati Sorong, Johny Kamuru memberi apresiasi kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Kementerian keuangan, untuk membimbing peserta dalam membuat laporan keuangan APBD sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. 

baca juga: Penerimaan Pajak di Babel Turun 43 Persen

"Sehingga proses pelaksanaan APBD sampai dengan pertanggungjawabannya benar-benar berjalan baik dan tentunya ada manfaat yang didapat bagi masyarakat yang turut merasakan pelayanan pemerintah," kata bupati saat membuka bimtek SIPD. (OL-3)

BERITA TERKAIT