14 April 2021, 20:34 WIB

PLN di NTT Bangun Tower Darurat untuk Empat Kabupaten


Palce Amalo | Nusantara

PT PLN membangun satu tower darurat (emergency) untuk memulihkan jaringan listrik ke empat kabupaten di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT).  Empat kabupaten yakni Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Belu sampai Rabu (14/4) belum menikmati listrik secara penuh.

"Kami mengusahakan dalam minggu ini dapat selesai dan tersalurkan ke empat  kabupaten tersebut bahkan bisa lebih cepat pemulihan. Di samping itu juga tetap paralel memulihkan jaringan saluran udara tegangan menengah 20kV,  jaringan tegangan rendah, dan sambungan rumah di seluruh Kota Kupang dan kabupaten terdampak," kata General Manager PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko, Rabu (14/4).

Menurutnya, PLN tetap berupaya memulihkan kondisi kelistrikan yang mengalami kerusakan pascabadai Seroja. Jatmiko menyebutkan sampai saat ini PLN menerjunkan lebih dari 1.000 personel untuk percepatan pemulihan.

 

Menurutnya, pemulihan sistem kelistrikan yang terganggu akibat bencana alam siklon tropis Seroja di NTT sudah berangsur pulih. "Komitmen PLN untuk memulihkan kelistrikan terus dilanjutkan dan petugas pun yang berpuasa tetap menjalankan ibadah," ucap Jatmiko.

Relawan dari PLN UIKL Sulawesi UPT Manado, Arter Rykh Tawaang, bertugas membantu pemulihan menggantikan tower transmisi yang roboh akibat badai. "Walaupun memasuki bulan puasa, banyak di sini teman-teman relawan yang puasa. Namun, itu tidak mengurangi semangat kami untuk terus bekerja tanpa mengenal waktu dengan satu tujuan untuk NTT terang," ujarnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT