14 April 2021, 16:41 WIB

Selama Ramadan, Layanan Vaksinasi di Purbalingga tetap Siang Hari


Lilik Darmawan | Nusantara

SELAMA bulan Ramadan, vaksinasi di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) tetap dilaksanakan pada siang hari. Hal itu dilakukan untuk mengejar
target sasaran dan difokuskan pada lansia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan bahwa vaksinasi tetap dilaksanakan, meski Ramadan tetap berlangsung pada siang hari.

"Vaksinasi tetap dilaksanakan mulai pagi hingga siang hari dengan menyesuaikan masa kerja selama Ramadan. Vaksinasi tetap berlangsung karena tidak membatalkan puasa," kata Hanung, Rabu (14/4).

Dijelaskan oleh Hanung, vaksinasi kepada orang berpuasa, harus dipastikan penerimanya sehat. Nantinya, bagi calon penerima harus melalui penapisan terlebih dahulu, untuk menghindari kemungkinan adanya risiko. "Pelayanan vaksinasi dilangsungkan di 22 puskesmas, lima rumah sakit dan empat klinik," ujar dia.

Menurut Hanung, sampai sekarang sudah ada 26.174 warga yang telah divaksinasi tahap pertama. Sedangkan yang sudah tahap kedua sebanyak 16.371 warga. "Sehingga nantinya akan dilanjutkan dengan vaksinasi kedua. Stok vaksin masih ada, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: Zona Merah Meningkat, Alarm untuk Bersama

BERITA TERKAIT