14 April 2021, 07:38 WIB

Mentan Gandeng Keuskupan Larantuka Bantu Korban Banjir NTT


Alexander P Taum | Nusantara

MENTERI Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban banjir bandang di Flores Timur dan Lembata. Bantuan disalurkan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Keuskupan Larantuka.

Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem Provinsi NTT Alexander Take Ofong,
saat menyerahkan bantuan di Desa Todanara, Kecamatan Ile Ape Timur,
Selasa (13/4) mengatakan, bantuan kemanusiaan yang disalurkan tersebut
merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian.

Dalam penyalurannya, kata Ofong, bekerja sama dengan Keuskupan Larantuka yang memiliki hirarki hingga ke tingkat paling bawah. Selain itu, mereka juga memiliki data titik-titik pengungsian yang belum terjangkau bantuan.

Bantuan yang diberikan untuk para korban banjir yang masih terselamatkan dalam peristiwa banjir bandang pada Minggu (4/4).

"Saya hari ini datang ke sini bersyukur bisa bertemu bapak, mama sekalian dalam keadaan sehat walafiat. Ini ada titipan dari Menteri Pertanian Bapak Yasin Limpo. Dia titipkan bantuan untuk Flotim dan Lembata," kata Ofong.

Dikatakannya, Menteri Pertanian dalam penyaluran bantuan ini memberikan
kepercayaan kepada gereja bersama Partai NasDem untuk membantu
mendistribusikannya.

Untuk itu, mekanisme penyalurannya sebagian diserahkan kepada Dekenat
untuk membantu menyalurkan dan sebagian lagi disurkan oleh Partai
NasDem.

"Saya juga sudah turun lihat lokasi dan kebetulan ada warga Jontona yang mengungsi di Todanara. Kami titipkan sedikit bantuan ini untuk didistribusikan kepada masyarakat korban banjir," katanya.

Lewat pemberian bantuan ini, lanjutnya, dapat memberi spirit kepada para korban bahwa mereka tidak sendirian, tetapi negara memberikan perhatian.

Setelah Presiden mendatangi korban banjir bandang, para menteri juga turun di antaranya Menkominfo Johnni G Plate, Mensos Tri Rismaharini, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Pastor Paroki Santa Maria Banneux Lewoleba, Romo Blas Kleden saat menerima bantuan dari Menteri Pertanian yang diserahkan Sekwil DPD Partai NasDem Provinsi NTT Alexander Take Ofong di Pastoran, Selasa (13/4) mengatakan, pihak luar mempercayakan penyaluran bantuan melalui keuskupan.  Alasannya gereja memiliki hirarki yang bagus dalam mengorganisir dan menyalurkan bantuan secepatnya sampai ke korban.

"Kami punya hirarki sampai tingkat KUB mulai dari dewan paroki, lingkungan dan KUB. Dan ini yang membuat mereka salutkan bantuan lewat gereja. Kita tidak meminta tapi para donatur tergerak hati. Mereka  sendiri mempercayakan gereja membantu menyalurkan (bantuan)," tegas Romo Blas.

Dalam penyaluran bantuan melalui gereja, pihaknya akan menyalurkan bantuan ke sembilan posko di Kota Lewoleba, juga kepada keluarga yang menampung para korban. Ada juga korban yang di kebun yang belum terjangkau dan sudah diidentifikasi tinggal disalurkan.

"Mulai Rabu (hari ini) sudah langsung disalurkan. Dipastikan akan sampai ke tangan penerima dan kami action cepat untuk salurkan," katanya.

baca juga: Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Warga Waspadai Hujan Abu

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata Hendrik Mosa Langobelen
mengatakan sejak Selasa (13/2), bersama jajaran pengurus NasDem Lembata siap mendistribusikan bantuan untuk korban banjir. Distribusi bantuan Kementan tersebut disalurkan untuk pengungsi di Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape Timur.

Bantuan dari Menteri Pertanian berupa beras, mie instan, dan air mineral.

Selain menyalurkan bantuan Menteri Pertanian, pihaknya segera menyalurkan bantuan dari Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel dan anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT