13 April 2021, 08:32 WIB

Di Tengah Pandemi, Usaha SPBU Dinilai Masih Menguntungkan


Supardji Rasban | Nusantara

MESKI masih di masa pandemi covid-19, usaha di sektor energi, terutama bahan bakar minyak (BBM), dinilai tidak banyak berdampak dan masih
berpeluang menjanjikan keuntungan.

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, seorang pengusaha terus mendirikan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Bahkan, dia berekspansi ke luar daerah baik di kawasan Pantura maupun Jawa Tengah bagian selatan.

SPBU milik salah seorang pengusaha ternama di Kabupaten Brebes, Indra Kusuma, yang berada di jalan raya Brebes-Jatibarang arah ke jalur
alternatif menuju Purwokerto, langsung diserbu pengedara roda empat maupun roda dua, sesaat setelah diresmikan, Senin (12/4) sore.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 72 Orang, 30 Sembuh

Para pengendara kendaraan bermotor tersebut mengisi baik BBM jenis pertalite atau pertamax dan jenis BBM lainnya.

Indra menyebut, di Kabupaten Brebes, masih banyak tempat yang masih memerlukan SPBU karena wilayahnya yang luas yakni nomor dua di Jawa Tengah, setelah Kabupaten Cilacap.

"Saya kira untuk di wilayah Kabupaten Brebes masih membutuhkan adanya SPBU karena Kabupaten Brebes terluas di Jawa Tengah setelah Kabupaten
Cilacap. Itu saja karena Cilacap ada Pulau Nusakambangan-nya, kalau tidak Brebes yang terluas di Jawa Tengah," terang Indra.

Indra mengaku optimistis usaha SPBU akan terus berkembang, seiring dengan banyaknya masyarakat yang membutuhkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

"Saya tetap opitimistis usaha SPBU tetap berkembang meski masih di masa pandemi covid-19," ucapnya.

Tidak hanya memiliki beberapa SPBU di wilayah Kabupaten Brebes, Indra juga berekspansi membuka SPBU ke daerah lainnya di Jawa Tengah, seperti di Kota Tegal, Kabupaten Kendal, Purworejo, dan Banyumas.

"Insyaallah saya akan buka lagi di tempat lainnya di Jawa Tengah," kata indra.

Selain sejumlah SPBU, Indra Kusuma, yang mantan Bupati Brebes itu, juga memiliki usaha yang masih di sektor yang sama yakni beberapa Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE). (OL-1)

BERITA TERKAIT