10 April 2021, 00:45 WIB

Warga Korban Bencana Adonara Siap Direlokasi oleh Presiden Jokowi


Gabriel Langga | Nusantara

WARGA Pulau Adonara menjadi korban bencana banjir bandang, tepatnya di Desa Nelelamadika, Kecamatan Ile Boleng. Mereka menyatakan siap direlokasi oleh Presiden Jokowi. Hal ini disampaikan mereka ketika mendengar sambutan Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan kerja di desanya, Jumat (9/4).

Salah satu korban bencana banjir bandang di Desa Nelelamadika, Revina, mengatakan dirinya siap bersama keluarganya untuk direlokasi apabila lahan telah disiapkan oleh pemerintah. Soalnya, rumah yang ditempati mereka telah rusak dilanda banjir bandang.

"Saya siap direlokasi. Apabila pemerintah menyiapkan lahan dan membangun rumah untuk mereka tinggal. Tadi saya dengar pernyataan Bapak Presiden Jokowi bahwa kami yang terdampak akan direlokasi. Kalau saya siap," tukas dia.

Ia mengatakan rumahnya sudah tidak bisa ditempati karena dilanda banjir bandang. Untuk saat ini ia bersama keluarganya harus tinggal di tempat pengungsian.

Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya melihat korban bencana di Desa Nelelamadika. Ia mengatakan tempat tinggal terdampak bencana banjir bandang di Desa Nelelamadika akan di direlokasi ke tempat yang lebih aman.

"Saya hari ini berada di Adonara, Kabupaten Flores Timur, di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Setelah tadi pagi saya juga meninjau di Kabupaten Lembata. Jadi rumah yang terdampak bencana akan kami relokasi," ujar Jokowi yanglangsung disambut tepuk tangan warga terdampak bencana banjir.

Ia pun meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengurus relokasi itu. Dirinya pun meminta kepada Bupati dan Gubernur NTT untuk segera menetapkan daerah yang akan menjadi tempat relokasi.

"Saya minta Bupati dan Gubernur segera menetapkan daerah relokasi. Yang jelas Kementerian PU siap untuk membangun rumah secepat-cepatnya," kata Jokowi di Desa Nelelamadika sebagai penyumbang korban jiwa terbesar di Pulau Adonara itu.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga meminta warga yang terdampak banjir bandang dan seluruh masyarakat di Nusa Tenggara Timur untuk patuhi protokol kesehatan. "Kita tetap pakai masker agar penyebaran covid-19 tidak ke mana-mana di Nusa Tenggara Timur ini," pinta Jokowi.

Berdasarkan pantauan mediaindonesia.com, dalam kunjungan kerja itu Presiden Jokowi sempat memberikan jaket warna cokelat kepada korban bencana banjir di Desa Nelelamadika ini. Selanjutnya ia juga menyapa dan meninjau anak-anak di tempat pengungsian. (OL-14)

BERITA TERKAIT