09 April 2021, 00:22 WIB

Jokowi Luncurkan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir NTT dan NTB


Ant | Nusantara

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengirim sebanyak 28.000 sembako untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Nugroho mengatakan, Jokowi telah memerintahkan dirinya untuk mengirimkan sembako ke daerah terdampak bencana di NTT.


"Presiden memerintahkan Sespri (Sekretaris Pribadi) untuk mengirimkan sembako ke daerah terdampak bencana," ujar Anggit Noegroho, dalam keterangan tertulis, Kamis (8/4).

Menurut Anggit, bantuan Kepala Negara tahap pertama sejumlah 5.000 paket sembako berhasil diberangkatkan. Sementara itu, 3.500 paket sembako telah tiba di Kabupaten Adonara dan Kabupaten Lembata. 

Bantuan langsung dibagikan ke warga terdampak bencana. Sedangkan, pengiriman 10 ribu sembako tahap berikutnya menunggu kesiapan alat transportasi.

Anggit mengatakan bantuan dikirimkan secara bertahap. Distribusi bantuan berkoordinasi dengan panglima TNI untuk penyediaan transportasi pengiriman bantuan.

"Sebagian diangkut menggunakan Hercules TNI AU dan sisanya dengan Kapal Perang TNI AL menuju daerah bencana," tandasnya

Belasan wilayah di NTT terdampak bencana alam akibat siklon tropis Seroja pada Minggu, 4 April 2021. Wilayah itu terdiri atas Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Ende, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Alor, Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kota Kupang.

Data per Rabu, 7 April 2021 malam, sebanyak 138 orang meninggal dan 61 hilang akibat musibah itu. Kemudian 1.114 rumah rusak berat hingga ringan dan 111 fasilitas umum dinyatakan rusak. (OL-8)
 

BERITA TERKAIT