08 April 2021, 18:27 WIB

Sembilan Titik Panas Terpantau Di Babel


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

SEMBILAN titik panas atau hotspot yang di duga adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terpantau berada di tiga kabpaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Titik panas itu berada di k Bangka, Bangka Selatan dan Bangka tengah.

"Di Bangka titik panasnya ada di Mendo Barat 3 titik, Merawang 1 titik, Bangka Selatan Air Gegas 2 titik dan payung 1 titik,sedangkan di Bangka tengah, titik panas ada di sunga selan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel Mikron Antariksa, Kamis (8/4).

Tingkat akurasi ke sembilan titik tersebut menurut Mikron merata di angka delapan. Artinya bisa dikatakan titik panas karena adanya lahan  atau rerumputan yang terbakar.

"Memang mengarah adanya karhutla. Tetapi untuk lebih memastikanya, tim  sudah bergerak ke masing-masing titik tersebut," ujarnya.

Pihak mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan berkebun dengna cara membakar karena sangat berbahaya. "Silakan buka lahan untuk berkebun, yang penting jangan dengan cara membakar, sebab jika di dapati karhutla ada unsur kesengajaan, pihak  kepolisian akan mengambil tindakan," tegas dia. (OL-15)

BERITA TERKAIT