08 April 2021, 12:38 WIB

Empat Inovasi Digital Siap Layani Warga Kota Malang


Bagus Suryo | Nusantara

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur meluncurkan empat inovasi berbasis digital untuk meningkatkan pelayanan publik selama masa pandemi covid-19.

Empat inovasi itu aplikasi Simbahe, e-parking, Siapel dan E-SPPT.Aplikasi Simbahe atau Sistem Aplikasi Elektronik diluncurkan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang.

Aplikasi itu memberikan kemudahan pendaftaran dan pembayaran bagi masyarakat ketika menggunakan fasilitas olahraga. Aplikasi lainnya, e-parking oleh Dinas Perhubungan.

Terobosan itu mencegah kebocoran pendapatan daerah karena masyarakat bisa membayar uji kir atau uji kelaikan kendaraan bermotor secara daring dilengkapi kode QRIS melalui telepon pintar.

Fitur virtual account dalam aplikasi memudahkan warga membayar pajak non-tunai langsung ke bank.Selanjutnya aplikasi Siapel atau Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik. Inovasi ini meningkatkan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang.

Sedangkan aplikasi E-SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) oleh Badan Pendapatan Daerah memudahkan masyarakat dalam mengecek tagihan pajak terhutang dan pembayaran secara online tanpa menunggu Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Warga juga tak perlu antre di kantor pelayanan pajak karena pembayaran bisa melalui toko modern, Tokopedia dan Bank Jatim.

"Komitmen kami dengan berbagai cara memudahkan dan terus-menerus akan kita lakukan perbaikan demi terlayaninya apa yang menjadi kepentingan dan layanan dasar masyarakat terpenuhi dengan baik," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Rabu (7/4).

baca juga: Pemkot Malang Luncurkan Pajak Daring

Sutiaji menjelaskan pelayanan yang transparan akan meningkatkan dan menguatkan kepercayaan publik sekaligus meningkatkan pendapatan daerah.

"Masyarakat secara pelan tapi pasti akan semakin percaya bahwa kebijakan di Malang adalah kebijakan bersama-sama," tuturnya. (OL-3)


 

 

BERITA TERKAIT