07 April 2021, 17:18 WIB

Pemkab Tuban Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka


M Yakub | Nusantara

DINAS Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban, Jawa Timur tengah menyiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) setempat. Dispendik telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Tuban untuk menyiapkan sistem protokol kesehatan (prokes).

Rencana pelaksanaan PTM dilakukan setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag) pada 30 Maret 2021. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban, Nur Khamid, menyambut positif dikeluarkannya SKB 4 Kementerian tersebut.

Dispendik Tuban, kata dia, akan menindaklanjuti SKB 4 Menteri dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan Tuban untuk menyiapkan protokol kesehatan (prokes). Dalam prokes, diantaranya di setiap sekolah disediakan thermogun, tempat cuci tangan, dan fasilitas layanan kesehatan lainnya.

"Para tenaga pengajar di Kabupaten Tuban juga mengikuti vaksinasi Covid-19," ungkap Nur Khamid, Rabu (7/4).

Menurut dia, sebelum pembelajaran tatap muka dimulai, akan dilakukan uji coba di sejumlah lembaga pendidikan dan kemudian l dievaluasi. Sekolah yang diuji coba akan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya.

Nur Khamid juga menjelaskan, pembelajaran tatap muka hanya dilakukan 2 jam. Selain itu, pelajaran olahraga dan kegiatan ektrakulikuler sementara ini masih belum diperkenankan. Dispendik Tuban tengah menyusun rumusan mekanisme pembelajaran tatap muka. (OL-15)

BERITA TERKAIT