07 April 2021, 09:49 WIB

KAI Terapkan GeNose pada Enam Stasiun di Sumsel


Dwi Apriani | Nusantara

DALAM waktu dekat, PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang akan memberlakukan pendeteksian covid-19 dengan GeNose C19. Rencananya, alat pendeteksi GeNose itu akan ditempatkan di enam stasiun yang ada di Sumatra Selatan.

Keenam stasiun itu adalah Stasiun Kertapati (Palembang), Stasiun Prabumulih, Stasiun Muara Enim, Stasiun Lahat, Stasiun Empat Lawang, dan Stasiun Lubuklinggau.

"Secara umum, KAI di Pulau jawa sudah menggunakan GeNose. Beberapa waktu lalu sudah dilaunching. Dan Sumsel ini masuk tahap kedua, nanti segera kita launching juga penggunaan GeNose di stasiun kita," kata Deputy EVP PT KAI Divre III Palembang M Arifudin.

Baca juga: Setelah Ditunda Akibat Covid-19, MTQ Kalsel Digelar Virtual

Ia mengatakan penerapan GeNose ini akan dimulai pada awal pekan kedua bulan ini. Pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk tempat pelaksanaan GeNose tersebut di enam stasiun yang ada di Sumsel.

"Kita akan mulai gunakan GeNose pada akhir minggu pertama ini atau awal minggu kedua. Jadi nanti di enam stasiun yang ada di Sumsel sudah bisa melakukan tes deteksi Covid-19 dengan menggunakan GeNose," jelasnya.

Untuk mekanisme dan tarif GeNose sendiri, pihaknya akan tetap merujuk pada ketentuan pusat. Artinya, tarif akan disamakan agar masyarakat bisa
mendapatkan layanan GeNose dengan mudah dan harga terjangkau.

"Jadi walaupun nantinya ada GeNose, kita tetap akan memberikan pilihan kepada masyarakat, mau gunakan Rapid Test Antigen ataupun GeNose.
Di setiap stasiun kita sediakan pilihan tersebut," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT