07 April 2021, 04:34 WIB

Mantan Bupati Manggarai Deno Kamelus Tutup Usia


Yohanes Manasye | Nusantara

MANTAN Bupati Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Deno Kamelus meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada Selasa (6/4) malam. Deno menghembuskan nafas terakhir di ICU rumah sakit itu pukul 22.45 Wita. 

"Iya. Bapa sudah meninggal. Kami sudah berupaya. Dokter juga demikian. Inilah kuasa Tuhan," ujar Rino Deno, putra sulungnya, saat ditemui wartawan. 

Jenazah Deno Kamelus masih berada di RS Siloam Labuan Bajo. Belum diketahui, kapan jenazahnya bertolak ke Ruteng, Manggarai. 

Ketua DPRD Manggarai Matias Masir yang dihubungi melalui selulernya mengaku kaget dan sedih mendengar kabar tersebut. Ia bersama keluarga besar dan kerabat sudah berada di rumah tinggal Deno Kamelus yang terletak di Kelurahan Carep, Kecamatan Langke Rembong untuk mempersiapkan kedatangan jenazah. 

"Kami sudah di rumah beliau untuk menyiapkan segala sesuatu. Ada juga yang sudah ke Labuan Bajo. Kami belum tahu apakah jenazah akan tiba malam ini atau besok pagi," ujarnya. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Manggarai menyatakan duka yang mendalam atas kepergian mantan pemimpin daerah itu. 

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Lodovikus D Moa menjelaskan, Bupati bersama seluruh pimpinan perangkat daerah langsung menggelar rapat pada Selasa malam. Rapat tersebut memutuskan untuk menugaskan tim yang dipimpin Sekda Jahang Fansy Aldus untuk ke Labuan Bajo, Rabu (7/4) pagi. 

Baca juga : Khofifah Ingatkan Perusahaan di Jatim tak Cicil THR

"Besok akan ke Labuan Bajo untuk berkoordinasi dengan pihak RS Siloam, keluarga, dan Pemkab Manggarai Barat," ujar Lodovikus. 

Pemerintah, lanjut Lodovikus, berharap agar jenazah mantan Bupati Deno sempat disemayamkan di kantor Bupati Manggarai dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lalong Tanah. 

"Beliau mantan bupati. Harus dengan upacara kenegaraan. Harapan Pemkab Manggarai, jenazahnya sempat disemayamkan di kantor bupati dan dimakamkan di TMP. Makanya kita perlu koordinasi dulu dengan pihak keluarga," katanya. 

Deno meninggal dunia pada usia 61 tahun. Belum diketahui riwayat penyakit yang dideritanya. Ia dikabarkan menderita sakit yang serius sejak sebulan lalu. Kabarnya, ia baru dilarikan ke RS Siloam Labuan Bajo setelah kondisinya parah. 

Deno merupakan mantan akademisi Universitas Nusa Cendana Kupang yang kemudian terjun ke dunia politik melalui Partai Amanat Nasional (PAN). Ia dua kali menjadi Ketua DPD PAN Manggarai. 

Suami dari Yenny Veronica ini mencapai puncak karir politiknya dengan menjabat Bupati Manggarai periode 2015-2020. Ia berpasangan dengan Wakil Bupati Victor Madur. Sebelumnya, ia menjabat Wakil Bupati Manggarai pada periode 2005-2010 dan periode 2010-2015 mendampingi Christian Rotok sebagai Bupati. (OL-7)

BERITA TERKAIT