06 April 2021, 22:54 WIB

Uji Coba PTM Di Tegal, Prokes Dijalankan Secara Ketat


Supardji Rasban | Nusantara

WAKIL Wali Kota Tegal Jawa Tengah, Muhammad Jumadi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sekolah yang dijadikan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pandemi covid 19, Selasa (6/4). Sidak dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan di lingkungan sekolah benar benar diterapkan secara ketat.

Kota Tegal menjadi salah satu daerah yang dijadikan sebagai percontohan PTM dari sejumlah sekolah yang ada. Hanya ada empat sekolah yang dijadikan percontohan PTM tersebut.

Keempat sekolah itu yakni SMP N 1, Madrasah Aliyah Negeri, SMK Muhammadiayah 1, dan SMA Al Irsyad. PTM dilaksanakan dengan memberikan empat mata pelajaran dengan masing masing mata pelajaran berlangsung selama 30 puluh menit.

Salah seorang siswa kelas 7 SMP N 1 Tegal, Aulia Rahma, mengaku senang dengan digelarnya PTM di sekolahnya karena materi yang disampaikan oleh guru lebih mudah dipahami ketimbang pembelajaran daring. "Kami berharap pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan seterusnya bukan hanya untuk uji coba," ujar Aulia.

Usai melakukan sidak, Muhammad Jumadi, menyatakan berdasarkan tinjauan langsung masing masing sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan ketat. "Kalau baru empat sekolah yang dijadikan percontohan ini bertujuan untuk mempermudah pemantauan perkembangan para siswa," ucap Jumadi.

Menurut Jumadi, semua guru di sekolah yang dijadikan uji coba sebelumnya telah menjalani vaksin. Di SMP Negeri 1 Kota Tegal total siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka telah dibatasi hanya 110 siswa yang setiap kelasnya diisi 15 siswa. Bertujuan untuk menjaga jarak tempat duduk antar siswa agar tidak terlalu dekat," pungkas Jumadi. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT