06 April 2021, 20:50 WIB

Bupati Yuhronur Efendi Dorong UMKM Lamongan Lebih Maju


Ahmad Yakub | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, terus berupaya menggerakkan dan menggairahkan UMKM di wilayahnya. Pemkab juga berjanji akan memfasilitasi usaha kecil yang terpuruk akibat pandemi agar bisa bangkit kembali.

Keseriusan Yuhronur Efendi, Bupati Lamongan ini dinyatakan saat mengunjungi proses produksi industri rumahan mi lidi di Desa Besur
Kecamatan Sekaran, Selasa (6/4) siang.

Bupati juga mengungkapkan semua industri kecil di Lamongan agar
meningkatkan kualitas dan produktivitasnya. Pihaknya akan berupaya untuk memfasilitasi industri-industri Lamongan agar dapat terus berkembang.

Dalam kunjungannya itu, Bupati juga memperlihatkan ketertarikannya pada industri rumahan mi lidi. "Saya tidak menduga, ternyata produksinya sudah sangat besar, sehari bisa mencapai 1 ton."

Hasil produksi mi lidi tidak hanya dijual di Lamongan. Mi dikemas dan dikirim dari kabupaten lain.

Bupati berharap ke depannya semua proses produksi mi lidi mulai dari bahan mentah hingga jadi dan siap dipasarkan, keseluruhannya dapat dilakukan di Lamongan.

"Ke depan kita akan membina kembali produsen dari mi lidi ini untuk kita berikan teknik pengemasan yang baik, distribusi, pemasaran, akses modal, dan fasilitas yang lain. Yang penting mereka berproduksi dulu sekarang supaya kualitasnya  dan produktivitasnya terus meningkat," tandasnya.

Industri rumahan mi lidi dimiliki Mat Rokhim. Ia mempekerjakan  7 orang dan mampu memproduksi mi mentah 5 kuintal hingga 1 ton setiap hari. Mi dikirim ke sejumlah pasar di Lamongan dan Bojonegoro. (N-3)

BERITA TERKAIT