06 April 2021, 17:19 WIB

Cuaca Ekstrem Borpotensi Landa Sejumlah Wilayah di Jateng


Lilik Darmawan | Nusantara

SIKLON tropis Seroja yang terjadi di Laut Suwu dan adanya bibit siklon tropis 90S di Samudera Hindia barat daya Sumatera memunculkan potensi terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng). Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan BMKG Ahmad Yani Semarang, intensitas siklon tropis dan bibit tropis tersebut dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer. "Kondisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan awan dan kecepatan angin di sejumlah daerah di Jateng," jelas Rendi, Selasa (6/4).

Dijelaskan Rendi, dalam tiga hari mendatang ada potensi cuaca  ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah di Jateng. "Di Jateng selatan, potensi cuaca ekstrem terjadi di Cilacap, Banyumas, Banjarnegara dan Kebumen. Masyarakat diimbau untuk waspada karena ada potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang dan angin kencang," katanya.

Selain kondisi cuaca ekstrem di daratan, cuaca buruk juga melanda  Samudera Hindia sebelah selatan Jateng dan DIY. Ketinggian gelombang di pantai berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter, sedangkan di samudera berkisar antara 4 meter hingga 6 meter. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT