06 April 2021, 14:02 WIB

Cegah Pengungsi Menumpuk, BNPB akan Berikan Dana Sewa Rumah


Andhika Prasetyo | Nusantara

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan berupaya menghindari membuka lokasi pengungsian yang akan mengakibatkan menumpuknya para pengungsi korban banjir bandang NTT.

Oleh karena itu, BNPB akan menerapkan strategi baru yakni memberikan bantuan berupa uang kepada masyarakat terdampak bencana untuk kemudian digunakan untuk menyewa tempat tinggal di daerah yang lebih aman.

"Kami upayakan semaksimal mungkin para pengungsi bisa menyewa rumah. Kami akan siapkan dana hunian bagi mereka," ujar Kepala BNPB Doni Monardo di Lembeta, NTT, Selasa (6/4).

Ia pun meminta seluruh kepala daerah terdampak bencana bisa segera memberikan data rinci terkait berapa jumlah rumah yang rusak dan segera mengajukan pengusulan dana kepada BNPB.

Langkah tersebut dilakukan demi mencegah terjadinya kerumunan yang bisa memunculkan risiko penyebaran covid-19 secara cepat di lokasi pengungsian.

Sampai dana tersebut turun, Doni mengatakan pihaknya bersama Kementerian Kesehatan akan berupaya keras menerapkan protokol kesehatan.

Mereka akan melakukan tes antigen kepada para pengungsi serta personel yang membantu proses evakuasi.

"Yang masih jadi kendala adalah tenaga kesehatan yang masih kurang. Fasilitas kesehatan mencukupi, tetapi tenaga dokter terbatas. Kami sudah berkoordinasi dengan Kemenkes untuk mendatangkan dokter dari beberapa provinsi termasuk dari Sulawesi Selatan dan juga Jawa Timur," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Percepat Evakuasi: BNPB Kerahkan Empat Helikopter

BERITA TERKAIT