06 April 2021, 12:14 WIB

Warga Mulai Bersihkan Rumah Mereka Tertimbun Lumpur Banjir


Gabriel Langga | Nusantara

WARGA korban banjir bandang di beberapa lokasi di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mulai membersihkan rumah mereka. Mereka membawa pengeruk lumpur dan sekop untuk membersihkan material lumpur sisa banjir bandang di sepanjang jalan Trans Waiwerang Lite, Kecamatan Adonara Timur, Selasa (6/4).

Salah satu warga Ami Nudin Pati Raja saat ditemui mediaindonesia.com mengatakan ia bersama anak-anaknya membersihkan rumahnya yang dipenuhi lumpur banjir. Saat terjadi banjir bandang, ia dan keluarga mengungsi ke keluarga di desa tetangga.

"Rumah saya ini didalam penuh dengan lumpur dan kayu-kayu. Rumah kami rusak berat. Coba pak cek sendiri rumah kami," kata Ami Nudin.

Dia berharap pemerintah untuk membersihkan dulu jalan raya karena kondisi rusak berat.

"Kami minta tolong untuk perbaiki jalan raya dulu agar kami bisa lewati dan segera memperbaiki rumah kami," harapnya.

baca juga: Doni Monardo Dan Kepala Daerah Rapat Singkat di Bandara Wunupito

Warga lainnya Alfoni Yurike Rettop mengutarakan bahwa rumahnya rata dengan tanah dihajar banjir bandang. Ia pulang ke rumah untuk mengambil pakaian yang tersisa. 

"Rumah saya rata tanah. Saya datang hanya ambil pakaian yang tersisa  saja. Seluruh barang-barang telah dibawa oleh banjir. Jadi saya datang lihat pakaian saja untuk bisa dicuci," kata ibu tiga anak ini.

Untuk sementara ia bersama tiga anaknya tidur di rumah tetangga.

"Kami harap pemerintah bisa bangun kembali rumah kami. Itu saja permintaan saya," harap Alfoni. (OL-3)

BERITA TERKAIT