06 April 2021, 10:00 WIB

Pasokan Listrik di Babel Selama Ramadan Aman


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK memastikan pasokan listrik selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) menyiagakan 658 petugas. General Manager PLN Babel, Amris Adnan mengatakan ratusan petugas tersebut disiagakan untuk memastikan keandalan listrik baik berbuka puasa maupun sahur.

"Dimulai 12 April sampai dengan 19 Mei 2021. Selama masa siaga tersebut petugas disiagakan pada 13 titik posko," kata Amris Adnan, Selasa (6/4).

Tiga belas titik posko meliputi posko UIW Babel, posko UP3 Bangka, posko UP3 Belitung, posko UPK Babel, posko ULP Pangkalpinang, Sungailiat, Muntok, Toboali, Koba, Tanjung Pandan, Manggar, Merawang, dan Pilang. 

Kemudian sebanyak 41 titik tempat ibadah/masjid di Bangka Belitung mendapat prioritas suplai pasokan listrik dengan dibackup standby genset dan personel. Titik-titik tersebut tersebar di  
15 masjid di Pangkalpinang, 5 masjid di Sungailiat, 5 masjid di Mentok, 3 masjid di Koba, 1 masjid di Toboali, 8 masjid di Tanjung Pandan, dan 4 masjid di Manggar.

Selain itu, berbagai peralatan juga disiagakan untuk menunjang kegiatan seperti 23 buah genset mobile mulai daya 2,2 kVA hingga 400 kVA, 29 unit gardu bergerak mulai dari daya 200 hingga 630 kVA, 2 unit UPS, serta kubikel bergerak dan kabel bergerak.

baca juga: Pemkab Anambas Tanam Bibit Pohon Kurma dari Inggris

Dari sisi ketersediaan bahan bakar, pasokan BBM B0 (HSD) rata-rata cukup untuk 27 hari, pasokan BBM B30 (Diesel) rata-rata cukup untuk 10,8 hari, sedangkan Batubara cukup untuk 22,6 hari.

"Kami menekankan kepada seluruh petugas kami untuk melaksanakan tugas sesuai SOP, serta meningkatkan pelayanan dengan PS4 (penampilan, senyum, salam dan sapa), serta mengutamakan keselamatan kerja" imbuhnya.

Daya mampu sistem kelistrikan di Pulau Bangka sebesar 164,5 MW dengan beban puncak 164 MW. Sementara untuk sistem Belitung daya mampu 75 MW dengan beban puncak 42 MW.(OL-3)

BERITA TERKAIT