03 April 2021, 22:01 WIB

Gubernur Papua Barat Usulkan Tambahan Bintara TNI AL dan AU


Mediaindonesia.com | Nusantara

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengusulkan penambahan Bintara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara dalam program afirmasi otonomi khusus di daerah ini.
 
Usulan itu disampaikan Gubernur Papua Barat, di Manokwari, Sabtu, dalam kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpau.
 
"Kami usul kepada Panglima TNI agar ada penambahan kuota Bintara TNI khusus AL dan AU pada program afirmasi otsus," kata Gubernur Dominggus Mandacan.
 
Dia berujar kuota Bintara TNI AD program afirmasi otsus di Papua Barat pada tahun 2020 sudah mendapat jatah 1.000 orang atas kerja sama Kepala Staf Angkatan Darat dan Pangdam XVIII/Kasuari.
 
"Sedangkan untuk kuota Bintara Polri 2021, Papua Barat dijatah 1.500 orang yang saat ini masuk tahap pendaftaran" kata Gubernur pula.
 
Gubernur mengatakan, penambahan kuota Bintara TNI Papua Barat adalah upaya percepatan pembangunan bidang sumber daya manusia (SDM), mengurangi pengangguran dan kemiskinan di daerah ini.
 
Ia berharap kuota TNI/Polri pada program afirmasi otsus daerah ini, tak saja pada jenjang bintara, tetapi ia mendorong pada jenjang pendidikan Akademi Militer dan Akademi Kepolisian.
 
"Kami juga memohon dukungan dan kerja sama TNI/Polri pada program afirmasi otsus di Papua Barat, agar lebih banyak lagi anak-anak asli Papua bisa masuk Akademi Militer dan Akademi Kepolisian," katanya pula. (Ant/OL-12)

 

BERITA TERKAIT