26 March 2021, 16:37 WIB

Sleman Perpanjang Penerapan PPKM Mikro dengan Sedikit Pelonggaran


Agus Utantoro | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Sleman, DIY melakukan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Perpanjangan PPKM di Sleman ini merupakan tindak lanjut dari intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 06 Tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM dan intruksi Gubernur DIY Nomor 8/INSTR/2021 tentang perpanjangan PPKM berbasis mikro di DIY dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Jumat (26/3). Sri Purnomo menjelasakan bahwa dalam perpanjangan PPKM kali inin terdapat beberapa perubahan kebijakan misalnya terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

"Kegiatan belajar mengajar yang kini diperbolehkan secara tatap muka masih terbatas bagi tingkat perguruan tinggi yang dibuka secara bertahap dengan proyek percontohan dan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," jelas Sri Purnomo.

Perubahan kebijakan lainnya yaitu diizinkannya kegiatan di fasilitas umum (fasum) dengan pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas fasum dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, kegiatan seni, sosial dan budaya juga diizinkan dengan pembatasan maksimal 25 persen dari kapasitas tempat kegiatan.

Kendati adanya perubahan kebijakan dalam perpanjangan PPKM, Kustini Sri Purnomo menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitasnya untuk mengindari adanya penyebaran Covid-19. (OL-15)

BERITA TERKAIT