24 March 2021, 17:35 WIB

Warga Bertanya, Kapan Tilang Elektronik ada di Tasikmalaya


Adi Kristiadi | Nusantara


WARGA Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyambut positif tilang elektronik yang mulai diberlakukan. Sebab kesalahan pelanggar jelas dan bisa dibuktikan sehingga memperkecil petugas nakal di lapangan.
 
"Kami sebagai warga Kota Tasikmalaya menyambut baik diberlakukannya tilang elektronik di berbagai daerah. Kesalahan pengendara jelas dan tidak mengada-ngada, petugas yang nakal di lapangan berkurang," kata Asep MS, 51, warga Tasikmalaya, Rabu (24/3/2021).

Tilang elektronik yang telah dilakukan ini, harap Asep, benar-benar dioptimalkan sehingga petugas yang suka mencari-cari kesalahan pengendara dan minta uang damai bisa dikurangi. Sebab hal itu sudah menjadi rahasia umum dimana-mana yang mencemarkan korps Bhayngkara.

"Sayang di Kota Tasikmalaya belum diterapkan tilang elektronik. Padahal itu bagus bagi transparansi penegakkan hukum dan membangun citra polisi yang positif di masyarakat," harap dia.

Sementara, Atik 57, warga Tasikmalaya lainnya berharap, peraturan tilang elektronik benar-benar dilaksanakan dengan baik dan tidak mencari-cari kesalahan pengendara. Sebab hasilnya yang menikmati adalah kepolisian juga, pendapatan negara juga akan meningkat. Tidak masuk ke kantong oknum petugas.

"Kami menyambut positif peraturan tilang elektronik, tinggal bagaimana kepolisian membuat aturan dalam membuat atau perpanjangan SIM  dengan transparan. Karena, pemohon SIM sering dipersulit dan baru bisa kalau memakai jasa oknum petugas melalui calo," harapnyanya. (OL-13)

Baca Juga: Baru Tiga Polda yang Lakukan Tilang Elektronik

BERITA TERKAIT