24 March 2021, 14:01 WIB

Ecoton: Pemkot Surabaya Era Risma Abaikan Ekosistem Sungai


Reno Reksa | Nusantara

AKTIVIS Lingkungan Hidup Ecoton, Prigi Arisandi, menilai Pemkot Surabaya era Tri Rismaharini, mengabaikan ekosistem sungai. Hal ini ia katakan saat mendampingi Wakil Wali Kota Surabaya, Armudji, saat meninjau Sungai Tambak Wedi.

"Pemkot Surabaya yang sebelumnya hanya ingat taman, tapi lupa sungai," kata Prigi kepada Media Group News, Rabu (24/3) siang.

Prigi mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya sekarang yang bergerak cepat menanggapi munculnya limbah di ekosistem sungai. 

Meski begitu ia meminta kepada pemerintah Kota Surabaya agar tidak hanya menghimbau warga agar tidak membuang sampah di sungai.

"Pemkot Surabaya harus bikin regulasi yang mengandung sanksi kuat bagi pelanggarnya, buat yang masih nekat buang sampah di sungai," lanjut Prigi.

Baca juga: Wawali Surabaya akan Keruk Sungai "Limbah Busa"

Munculnya limbah busa di Sungai Tambak Wedi, dinilai Prigu bukan hanya disebabkan limbah rumah tangga. Melainkan adanya industri skala kecil yang membuang limbahnya ke sungai, termasuk limbah deterjen.

"Harus ditertibkan itu, industri skala kecil di wilayah Kapas Jaya dan Bulak Banteng. Karena sering kami lihat buang limbahnya di sungai," pungkas Prigi. (A-2)

BERITA TERKAIT