16 March 2021, 17:30 WIB

Hujan Lebat, Pemukiman di Lahat Kebanjiran


Dwi Apriani | Nusantara

SEJUMLAH pemukiman warga di Kelurahan Bandar Jaya, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan terendam air dengan ketinggian 50 cm yang mencapai lutut orang dewasa. Hal itu lantaran hujan lebat disertai angin kencang yang melanda daerah tersebut sejak Senin malam (15/3).

Salah satu warga, Mutmainah, mengatakan, hujan deras dan angin kencang terjadi di daerah tersebut pada Senin malam hingga Selasa pagi, sehingga terjadi banjir setinggi lutut orang dewasa di kelurahan tersebut.

"Air masuk ke dalam rumah, ini akibat hujan deras kemarin," ucapnya, Selasa (16/3). Bukan hanya itu, ia menjelaskan, sejumlah pohon pun tumbang.

Hingga saat ini, warga di kelurahan tersebut berusaha menyelamatkan harta benda agar tidak tergenang air, meskipun belum terdengar adanya korban jiwa. Selain itu, sejumlah jalan tidak bisa dilintasi kendaraan karena tergenang dengan arus yang cukup deras.

"Kami kuatir hujan akan kembali terjadi dan banjir akan kembali datang. Karenanya warga banyak selamatkan harta benda dan titip di rumah keluarga yang berbeda kelurahan," ucapnya.

Sementara, Lurah Bandar Jaya, Masmanto menyampaikan pihaknya sudah mengimbau warga untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai sekitar. Terlebih, musim penghujan selain aliran ayek apul yang semakin padat akibat banyaknya tumpukan tanah dan material bangunan.

"Selain bangunan yang berdiri di atas aliran sungai, juga terdapat tumpukan bahan material mulai dari batu dan pasir begitu juga sampah, ini yang mengakibatkan banjir," ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari laporan ketua RT masing-masing, rumah yang tergenang banjir adalah rumah yang dekat dengan kawasan aliran sungai di kelurahan itu mulai dari RT 3, 4, 16 dan 7.

"Tidak ada kerugian akibat banjir ini, hanya saja rumah warga tergenang sebatas betis kaki orang dewasa," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan BPBD Lahat, Ananta mengatakan pihaknya sudah turun tangan mendata pemukiman warga yang terdampak banjir. "Pada umumnya kami standby, saat terjadi bencana, kami siap turun ke lapangan.Tim juga sudah kita turunkan ke lokasi banjir," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Kecanduan Gadget Belasan ABG Dirawat di RS Jiwa Cisarua

 

BERITA TERKAIT