11 March 2021, 18:12 WIB

Pemkab Bengkulu Selatan Pantau Pesta Pernikahan tiap Akhir Pekan


Marliansyah | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, terus memantau aktivitas warga di kabupaten tersebut yang melaksanakan pesta pernikahan pada Sabtu dan Minggu di tengah pandemi covid-19. Satpol PP setempat akan selalu mengawasi resepsi pernikahan di setiap akhir pekan.

"Patroli dilakukan terutama pada Sabtu dan Minggu dan sebanyak dua personel Satpol PP ditempatkan di acara pesta pernikahan," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bengkulu Selatan, Erwin Muchsin, di Bengkulu, Kamis (11/3). Sebelum menggelar acara, lanjut dia, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat yang menggelar hajatan agar taat protokol kesehatan.

Selain itu, aparat pemerintah akan selalu mengawasi agar pesta tetap aman dan patuh protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19. Segala bentuk kerumunan belum diperbolehkan oleh pemerintah tapi untuk beberapa acara, salah satunya pesta pernikahan, diperbolehkan lantaran untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Meskipun diperbolehkan, kerumunan di pesta pernikahan tetap dilarang dan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Jika ada pelanggaran, Satpol PP memberikan tindakan persuasif menyampaikan kepada penyelenggara pesta pernikahan terkait aturan.

 

Dalam pesta pernikahan, seluruh tamu undangan memakai masker, mengatur jarak agar tidak berkerumun, dan menyiapkan tempat cuci tangan. Jika dilanggar, pesta akan dibubarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Pesta pernikahan dilarang dilaksanakan atau digelar pada malam hari. Seluruh pesta pernikahan hanya berlangsung satu hari dan tidak ada acara pada malam hari. (OL-14)

BERITA TERKAIT