09 March 2021, 13:37 WIB

Jelang Liburan Daop 6 Yogyakarta Operasikan Lagi 8 KA Jarak jauh


Widjajadi/Agus Utantoro | Nusantara

PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan beberapa KA favorit masyarakat untuk melayani kebutuhan pelanggan KA yang akan bepergian ke berbagai kota tujuan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengungkapkan ada delapan  KA unggulan Daop 6 Yogyakarta akan kembali dijalankan, dengan penerapan prokes ketat. Demikian disampaikan dalam siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (9/3).

Kereta jarak jauh yang dimaksud adalah KA Taksaka (Yogyakarta - Gambir), KA Argo Lawu Fakultatif (Solobalapan - Gambir), KA Senja Utama Yogyakarta (Yogyakarta - Pasarsenen), KA Senja Utama Solo (Solobalapan - Pasarsenen), KA Progo (Lempuyangan - Pasarsenen), KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng), dan KA Mutiara Timur (Yogyakarta - Ketapang).

Selama pandemi, jelas dia, operasional KA tersebut hanya pada tanggal - tanggal tertentu sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan. Pengoperasian kembali KA ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Terkait jadwal perjalanan serta tiket KA, masyarakat dapat memesan melalui aplikasi KAI Access.

Pada bagian lain tentang jadwal  keberangkatan KA Tambahan, baik keberangkatan Daop 6 Yogyakarta maupun dari Daop lain, adalah sebagai berikut :

- KA Taksaka Pagi pada 11 Maret 2021 (Yogyakarta - Gambir)
- KA Taksaka Malam pada 10 dan 14 Maret 2021 (Yogyakarta - Gambir)
- KA Argo Lawu Fakultatif pada 14 Maret 2021 (Solobalapan - Gambir)
- KA Senja Utama Yogya pada 14 Maret 2021 (Yogyakarta - Pasarsenen)
- KA Senja Utama Solo pada 14 Maret 2021 (Solobalapan - Pasar Senen)
- KA Progo pada 14 Maret 2021  (Lempuyangan - Pasar Senen)
- KA Sancaka pada 12 & 14 Maret 2021 (Yogyakarta - Surabaya,Gubeng)
- KA Mutiara Timur pada 10 & 14 Maret 2021 (Yogya - Surabaya Gubeng,Ketapang)
- KA Kertanegara, pada 10 & 14 maret 2021, (Purwokerto - Yogya - Malang)

Karena masih masa pandemi, untuk penjualan tiket, KAI masih menerapkan penjualan tiket maksimal 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Selain itu, setiap individu yang melaksanakan perjalanan dengan kereta api, tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan.

"Secara umum seluruh penumpang kereta api diharuskan dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celsius, dan dihimbau memakai pakaian lengan panjang atau jaket," imbuh Supriyanto.

Lebih dari itu, sesuai dengan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh juga diwajibkan menunjukan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Yang jelas, KAI Daop 6 Yogyakarta menyiapkan lokasi pemeriksaan Rapid-test antigen khusus pelanggan KA jarak jauh di stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solobalapan dengan tarif Rp105.000.

Sedangkan pemeriksaan GeNose disediakan di stasiun Yogyakarta dan Solobalapan dengan tarif Rp20.000. (OL-13)

 

Salah satu kereta api yang dioperasionalkan kembali pada masa pandemi covid-19.( MI/Istimewa)

 

BERITA TERKAIT