09 March 2021, 08:41 WIB

Korban Gempa Sulbar Kini Punya Rumah Layak Huni


Mitha Meinansi | Nusantara

PARA penerima bantuan bahan bangunan yang disalurkan melalui Media Group Peduli, di Kabupeten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat sangat bersyukur karea mereka bisa menempati hunian, tidak lagi di pengungsian. Hunian tersebut layak ditempati. Demikian juga rumah-rumah yang rusak akibat gempa yang melanda wilayah itu 15 Januari lalu kembali diperbaiki. Warga bisa beraktivitas kembali seperti biasa. 

"Pastinya kami sangat senang, kami bersyukur ada bantuan ini. Dengan bantuan itu kami bisa memperbaiki rumah. Sekarang kami dan keluarga sudah memiliki rumah yang layak huni," kata Syarifuddin, salah satu penerima bantuan bahan bangunan di Kelurahan Rimuku, Kabupaten Mamuju.Selasa (9/3).

Selain Syarifuddin, masih banyak penerima bantuan bahan bangunan yang disalurkan Media Group Peduli dari donasi yang diberikan BenihBaik.com dan Sidomuncul bersumber dari para donasi yang peduli pada program rehabilitasi rumah. Banyak warga yang menyebut hunian mereka bukan lagi hunian sementara tetapi hunian tetap. 

Warga yang mendapat bantuan rehabilitasi rumah kini mulai meninggalkan pengungsian dan bergerak untuk membangun rumah mereka yang rata dengan tanah dengan didampingi tim Tanggap Bencana Media Group Peduli. Seperti di Dusun Pettabeang Barat, Desa Kayuangin, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, para penerima bantuan bahan bangunan langsung bergerak membangun rumah mereka agar segera ditempati.

baca juga: Sudah 102 Huntara Dibangun Media Group di Sulbar

Ketua Yayasan Media Group, Ali Sadikin mengungkapkan rasa empatinya kepada para korban gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Menurut Ali Sadikin, melalui Media Group Peduli, sebagian kecil korban terdampak gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, saat ini sudah memiliki hunian kembali, meskipun ada yang sifatnya hanya sementara.

Ali Sadikin berharap, para pengungsi bisa kembali ke rumah mereka masing-masing, untuk menata kembali kehidupannya. 

"Kami berharap seluruh pengungsi perlahan-lahan bisa kembali ke rumahnya masing-masing untuk menata kehidupan masa depannya yang lebih baik," kata Ali Sadikin. (OL-3)

BERITA TERKAIT