08 March 2021, 15:45 WIB

680 Guru di Palembang Ikut Vaksinasi Tahap Awal


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Palembang mulai melaksanakan program vaksinasi covid-19 untuk tenaga pendidikan di wilayah tersebut. 

Rencananya, pada tahap awal ada 680 guru yang mendapat vaksinasi dari total 4.000 tenaga pendidikan di Kota Palembang. Adapun proses vaksinasi dilakukan secara bertahap.

"Tadi baru dapat informasi lagi kalau vaksinasi untuk guru ini di tahap awal ada sekitar 680 guru," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Akhmad Zulinto, Senin (8/3).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Klaten Belum Terkendali

Saat ini, Dinas Pendidikan Kota Palembang tengah mendata ulang sekolah yang menjadi prioritas atau dipilih untuk vaksin tahap awal. "Sekitar 600-an ini akan kita data dulu. Kita akan pilah sekolah mana, namun yang kita prioritaskan adalah sekolah yang akan buka dulu," imbuhnya.

Lebih lanjut, di menjelaskan terdapat 300 kuota guru SD dan 300 kuota guru SMP dalam vaksinasi tahap awal. "Setelah data ini kita berikan ke Dinas Kesehatan, mereka juga akan mengecek apakah nanti layak atau tidak diberikan vaksin," papar Akhmad.

"Pelaksanaanya nanti pun akan masih dibicarakan dengan Dinas Kesehatan. Apakah akan dilakukan di faskes tingkat 1 atau di Dinas Pendidikan Kota Palembang," sambungnya.

Setelah 680 orang guru divaksin, nantinya ada jadwal vaksinasi lanjutan untuk guru lainnya. Mengingat, jumlah guru di Kota Palembang hampi mencapai 4.000 orang.

Baca juga: Unicef: Pernikahan Anak Bisa Melonjak Akibat Pandemi

Pemkot pun mewajibkan guru untuk menjalani vaksinasi covid-19. "Saya berharap dengan vaksinasi tersebut bisa menjaga imun tenaga guru. Baik di tingkat TK, SD, SMP, maupun SMA," kata Zulinto.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mendukung penuh rencana pemerintah pusat untuk menggelar sekolah tatap muka pada Juli mendatang. Bahkan, pihaknya akan meminta bantuan Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan untuk mencukupi kuota vaksin guru di Palembang.(OL-11)

BERITA TERKAIT