06 March 2021, 18:00 WIB

Terbakar, Lahan Gambut Seluas 5 Hektare di Palangka Raya


Surya Sriyanti | Nusantara

KEBAKARAN lahan gambut kembali terbakar di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kali ini lokasi yang menjadi sasaran amukan api berada di Belakang Jalan Danau Indah Km 6 Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, seluas 5 hektar (ha), Sabtu (6/3).

Petugas Pemadam Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) Bukit Tunggal Pusdalop Provinsi Kalimantan Tengah I Wayan Bimo Seno mengatakan dari informasi yang diterimanya api sudah membakar lahan gambut sejak pagi. Tapi informasi tersebut baru diterima pihaknya pada pukul 14.00 WIB.

"Api yang membakar lahan ini diperkirakan kurang lebih ada 5 hektare. Saat ini tim masih berupaya melakukan pemadaman," ujarnya.

Ia menambahkan situasi di lapangan saat ini air sudah mulai menipis dan jarak jangkauan ke titik api juga sudah sangat jauh dan hampir sulit dijangkau. "Di area ini ada dua titik api yang masih berkobar. Kami belum mengetahui sumber apinya. Nanti kami serahkan penyelidikannya kepada pihak kepolisian," tandasnya.

Dari pantauan di Kota Palangka Raya sejak pagi hingga sore hari cuaca cukup cerah dan panas. Berdasarkan data dari BMKG Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, hanya Kecamatan Rakumpit akan diguyur hujan pada pukul 16.00 hingga 18.00. (OL-14)

BERITA TERKAIT