06 March 2021, 15:00 WIB

Polres Sikka Ringkus Residivis Pencuri Kotak Amal Terekam CCTV


Gabriel Langga | Nusantara

TIDAK perlu waktu lama, Tim Buser Polres Sikka berhasil menangkap seorang resividis warga Jalan Banteng Misir, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, yang melakukan pencurian. Ia terekam kamera CCTV saat mencuri uang kotak amal di rumah makan Suroboyo, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Tim itu menangkap pelaku berinisial Yohanes Irfan Dari, 20, di kampung Boakenget, Desa Egon Gahar, Kecamatan Mapitara, Kamis (4/3). Lokasi tersebut jauh dari wilayah Kota Maumere.

Kapolres Sikka Ajun Komisaris Besar Sajimin mengatakan, aksi pencurian kotak amal itu terjadi pada Minggu (28/2) sekitar pukul 02.00 Wita di rumah makan Suroboyo. Aksi pelaku ini terekam kamera CCTV yang dipasang pemilik rumah makan.

Kapolres Sikka menuturkan,  Sabtu (6/3), saat dibawa ke Polres Sikka dan diinterograsi, pelaku mengakui perbuatannya. Pihaknya juga berhasil menyita barang bukti berupa uang sebesar Rp1.513.000, satu sepeda motor Jupiter Z1 warna hitam yang dipakai saat melakukan pencurian, satu kaus oblong warna hitam yang dipakai saat melakukan pencurian, satu celana 3/4 warna loreng yang dipakai saat melakukan pencurian.

"Saat ini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polres Sikka untuk proses hukum selanjutnya," pungkas Kapolres Sikka ini.

Pemilik rumah makan Suroboyo, Miskan, mengatakan kasus pencurian yang terjadi di warungnya sudah terjadi berulang kali. Karenanya, ia terpaksa memasang kamera CCTV. Kali ini aksi pencurian pelaku terekam kamera CCTV sehingga dirinya melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

"Pelaku mencuri kotak amal yang berisi uang untuk pembangunan Masjid Al-Muhajirin Perumnas Maumere. Dari rekaman CCTV, pelaku masuk dari pintu belakang rumah makan dan langsung menggondol kotak amal yang ada di meja kasir. Saya baru mengetahui hilangnya kotak amal ini pada Minggu malam saat hendak menutup rumah makan," papar dia.

Ia mengucap syukur bahwa pelaku sudah ditangkap oleh pihak kepolisian. "Saya dapat informasi bahwa pelaku sudah ditangkap oleh polisi. Saya mengucapkan terima kasih kepada kepolisian yang sudah bekerja keras hingga berhasil menangkap pelakunya," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT