06 March 2021, 14:45 WIB

Baru 20% Pedagang Divaksinasi, Pasien Covid-19 Kota Semarang Naik


Akhmad Safuan | Nusantara

PASIEN covid-19 Kota Semarang, Jawa Tengah, kembali merangkak naik. Baru sekitar 20% pedagang di daerah ini yang disuntik vaksin karena keterbatasan logistik pada tahap kedua ini.

Jumlah pasien covid-19 Kota Semarang kembali merangkak naik setelah sempat mengalami penurunan cukup dratis sejak awal Februari lalu. Berdasarkan data saat ini tercatat 409 pasien yakni 310 orang berasal dari dalam kota dan 99 orang merupakan luar daerah atau naik dari sehari sebelumnya 398 pasien.

"Sampai saat ini baru sekitar 2.000 pedagang yang sudah disuntik vaksin karena keterbatasan logistik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam, Sabtu (6/3). Penyuntikan vaksin tahap kedua terhadap pedagang tersebut masih berjalan.

Karena keterbatasan logistik, pada tahap awal ini dilakukan prioritas vaksinasi kepada pedagang berusia di atas 50 tahun dan memiliki KTP Kota Semarang.

Pedagang dari luar daerah, demikian Abdul Hakam, akan disuntik vaksin covid-19 secara bertahap, karena virus bisa saja dibawa oleh pedagang dari luar kota. "Penyuntikan untuk pedagang dilakukan setelah pukul 12.00 WIB agar tidak mengganggu aktivitas mereka berjualan," imbuhnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fravarta Sadman mengatakan berdasarkan pendataan jumlah pedagang lebih dari 10 ribu orang yang ada di 52 pasar tradisional. Dalam program vaksinasi ini seluruh data telah diserahkan kepada Dinas Kesehatan untuk dilakukan penjadwalan penyuntikan.

Pelaksanaan vaksinasi untuk pedagang, lanjut Fravarta Sadman, berlangsung di puskesmas terdekat dari mulai siang hingga sore hari ini. "Semoga semua berjalan lancar dan sesuai jadwal," tambahnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT