06 March 2021, 10:40 WIB

Hati-hati, Covid-19 Dapat Memicu Munculnya Gangren


Agus Utantoro | Nusantara

DOKTER RSA Universitas Gadjah Mada memperingatkan covid-19 dapat memicu munculnya gangrene. Gangrene adalah kondisi jaringan tubuh yang mati akibat tidak mendapat cukup pasokan darah atau akibat infeksi bakteri yang berat.

Dalam rilis tertulisnya, dr. RM Agit Sena Setiadi menyampaikan covid-19 dapat menimbulkan gangguan pembekuan atau pengentalan darah serta gangguan aliran pembekuan darah. Kondisi ini, lanjutnya, dapat menyebabkan terjadinya gangguan oksigen ke organ tubuh tertentu.

Dokter spesialis penyakit dalam itu juga mengungkapkan gangguan aliran pembuluh darah ke organ tangan atau kaki secara cepat (akut limbiskelik atau ALI) bisa terjadi pada 3-15% kasus pasien covid-19 rawat inap.

"Terdapat sejumlah faktor risiko terjadinya ALI seperti penyakit jantung, penyakit gangguan kekentalan darah, dan kanker," tukasnya.

Baca juga: Risiko Kematian Covid-19 Tinggi di Negara Berpenduduk Obesitas

Dikatakan, manifestasi gangrene terlihat dari adanya perubahan warna kulit yang kemudian disertai dengan adanya rasa nyeri. Pun, kondisi ini bisa memburuk hingga ke arah tindakan amputasi. Sedangkan gangrene yang disertai infeksi berat dapat menyebabkan infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh (sepsis) hingga dapat menyebabkan kematian.

Agit membenarkan, gangrene dapat pula muncul karena adanya gangguan pembekuan darah, diabetes, serta infeksi.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT