06 March 2021, 00:50 WIB

PPKM Efektif Turunkan Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Lamongan


M Yakub | Nusantara

PEMKAB Lamongan, Jawa Timur menyatakan pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro mampu menurunkan penambahan jumlah pasien yang terkonfirmasi covid-19..

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi  Pemkab Lamongan,  Arif Bakhtiar mengungkapkan, selama pelaksanaan PPKM Mikro tahap 1 dan 2 di Kabupaten Lamongan terjadi penurunan penambahan jumlah pasien terkonfirmasi posisif Covid-19. "PPKM efektif menurunkan jumlah warga yang terkonfirmasi positif," ungkapnya, Jumat (5/3).

Menurut dia, pada pekan pertama PPKM Mikro tahap 1 di awal Februari terdapat 46 kasus konfirmasi covid-19. Jumlah tersebut turun menjadi 46 di pekan kedua. Pada pekan ketiga, kasus positif turun menjadi 43 orang dan menjadi 40 orang di pekan keempat.

Begitu pula jumlah pasien aktif, menurun dari 87 orang di pekan pertama, menjadi 66 orang di pekan kedua, 26 orang di pekan ketiga, dan menjadi 20 orang di pekan keempat. "Dan hanya terjadi satu kasus meninggal selama PPKM Mikro di Kabupaten Lamongan," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan tingkat kesembuhan pasien Covid 19 di Lamongan melebihi angka nasional 85,62 %, yakni sebesar 92,73%. Bahkan Bed Occupancy Ratio (BOR) Lamongan saat ini hanya 16 % dari standar BOR Nasional 60 %. "Jadi memang efektif sekali menurunkan jumlah pasien konfirnasi," pungkasnya.(OL-15)

BERITA TERKAIT