04 March 2021, 06:52 WIB

Kapolres Klaten Minta Dukungan Dai Kamtibmas Penanganan Covid-19


Djoko Sardjono | Nusantara

KAPOLRES Klaten AKB Edy Suranta Sitepu meminta dukungan para dai Kamtibmas Polres Klaten untuk mengingatkan jamaah dan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa  pandemi covid-19. Permintaan Kapolres diungkapkan saat sarasehan dengan dai Kamtibmas di Gedung Wongso Menggolo, Klaten, Rabu (3/3).

"Kami menyadari, bahwa kami memiliki keterbatasan. Sehingga, kami meminta dukungan dan bantuan dari dai Kamtibmas Polres Klaten untuk turut menyebarluaskan informasi dan sosialisasi pentingnya protokol pencegahan covid-19," kata Kapolres. 

Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, protokol kesehatan 5M perlu dipahami dan diterapkan, yakni selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Kapolres telah memerintahkan jajaran Polsek untuk melibatkan para tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan pembagian masker dan operasi penerapan disiplin protokol kesehatan untuk pengendalian covid-19.

Selain pelibatan secara langsung, Kapolres juga menyampaikan bahwa para dai Kamtibmas maupun masyarakat bisa melaporkan pelanggaran protokol kesehatan dengan memanfaatkan layanan Chatbot Polres Klaten melalui Whatsapp +62811255881.

"Setiap laporan pelanggaran protokol kesehatan yang disampaikan dai Kamtibmas maupun warga masyarakat melalui layanan Chatbot Polres Klaten, akan langsung ditindaklanjuti oleh petugas," ujar Kapolres Klaten Edy Suranta Sitepu.

Sementara itu, Ketua Dai Kamtibmas Klaten Syamsudin Asyrofi menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan Polres Klaten dalam penanganan wabah covid-19. Dan, dai Kamtibmas siap mendukung apa yang  dilakukan Polres Klaten

Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Klaten hingga Rabu (3/3) bertambah 27 orang. Sedangkan 18 pasien sembuh dan lima orang meninggal dunia. Sementara itu, akumulasi kasus positif covid-19 berjumlah 5.820 orang. Dari jumlah itu, 5.166 orang sembuh, 386 meninggal dunia, dan 268 dalam perawatan.

"Kali ini, kasus covid-19 bertambah 27 orang. Sementara, 18 pasien sembuh, dan lima meninggal dunia," kata Cahyono Widodo dari Satgas Penanganan Covid-19.

baca juga: Angka Kematian Akibat Covid-19 Tinggi, Sumut Perpanjang PPKM

Penambahan kasus terkonfirmasi positif tersebut, 10 orang di antaranya merupakan kontak erat, tiga tertular di luar daerah, dan 14 orang lainnya terpapar di Klaten.

"Kasus positif baru itu berasal dari 10 wilayah kecamatan di Klaten. Kecamatan Wedi merupakan penyumbang kasus positif paling banyak, yakni enam orang," imbuhnya.

Kemudian, lima orang yang meninggal dunia, tiga di antaranya terkonfirmasi positif covid-19. Sedangkan dua orang lainnya pasien tengah menjalani perawatan. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT