04 March 2021, 02:30 WIB

Gunung Merapi Semburkan Lahar 12 Kali dalam Satu Hari


mediaindonesia.com | Nusantara

GUNUNG Merapi yang melintasi Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, mengeluarkan lahar 12 kali antara tengah malam hingga pukul 18.00 waktu setempat pada Rabu, menurut Badan Penelitian Bencana Geologi dan Pusat Pengembangan Teknologi (BPPTKG).

''Delapan semburan lahar pertama tercatat antara tengah malam dan 6 pagi, dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter kebarat dayaarah,'' kata kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan padahari Rabu (3/3)

Empat pelepasan lava terakhir dipantau antara pukul 06.00 hingga tengah hari dengan jarak luncur maksimum 800 meter, juga kebarat daya arah.

Baca juga : Luapan Anak Sungai Bengawan Solo Banjiri Dua Kecamatan

Tidak ada aliran lahar yang tercatat antara siang dan 6 sore.  Berdasarkan data gempa terbaru20 longsoran gempa tercatat, dengan amplitudo 4 mm hingga 36 mm dan durasi 11-121detik.

Pada hari Rabu, BPPTKG mempertahankan status siaga gunung berapi di Level III.

Lava dan awan panas yang dikeluarkan oleh gunung berapi tersebut diperkirakan akan mempengaruhi wilayah yang terletak di selatan dan barat daya gunung berapi, termasuk Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. (Ant/OL-2)

 

BERITA TERKAIT