03 March 2021, 21:59 WIB

Tularkan SAR ke Pramuka, Basarnas Maumere Bentuk Gudep Komodo


Gabriel Langga | Nusantara

MENGGALAKKAN pengenalan SAR kepada anggota Pramuka, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere membentuk gugus depan yang dinamakan Gudep Komodo Basarnas Maumere. Hal ini dibuktikan dengan dikukuhkan pengurus Gudep Komodo Basarnas Maumere oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sikka Vitalis P.Sukalumba yang berlangsung di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere pada beberapa hari lalu, Senin (1/3).

Kepada mediaindonesia.com, Rabu (3/3), Kepala Basarnas Maumere I Putu Sudayana menuturkan anggota pramuka digandeng untuk pengenalan SAR sejak usia dini. Selain itu juga perintah dari pusat agar seluruh Kantor SAR di Indonesia untuk membentuk Gugus Depan Pramuka sehingga kita bentuk gugus depan Komodo Basarnas Maumere.

"Basarnas ingin merangkul seluruh potensi SAR yang ada dengan melaksanakan kerja sama dan pembinaan di kalangan pelajar termasuk yang menjadi anggota Pramuka. Anggota Pramuka ini merupakan potensi SAR yang masih muda dan bersemangat tinggi. Yang mana kedepannya akan membantu Basarnas dalam misi kemanusiaan," ungkap Sudayana.

Dia menuturkan tujuan dari terbentuknya Gudep Komodo Basarnas maumere ini sebenarnya kita ingin membiasakan budaya safety sejak dini kepada anggota Pramuka dalam melaksanakan misi kemanusiaan.

"Nanti mereka yang bergabung di Gudep Komodo Basarnas Maumere akan kita tularkan ilmu dan wawasan tentang Pencarian dan Pertolongan sehingga mereka dapat membiasakan budaya safety sejak dini ini," papar Sudayana.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Vitalis P. Sukalumba mengucapkan terimakasih kepada Basarnas Maumere yang siap membimbing dan melatih kader-kader Pramuka di Kabupaten Sikka untuk menjadi pemuda tangguh yang kedepannya dapat menjalankan misi kemanusiaan di bidang Pencarian dan Pertolongan.

"Saya mewakili pengurus gerakan pramuka NTT dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sikka mengucapkan proficiat dibentuknya Gugus Depan Komodo Basarnas Maumere. Ini merupakan hal yang baik dan juga sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Basarnas Maumere yang siap membimbing anggota Pramuka dalam menjalankan misi kemanusiaan di bidang Pencarian dan Pertolongan,'' pungkas dia. (GL/OL-10) 

BERITA TERKAIT