01 March 2021, 15:45 WIB

PMI Salurkan Bantuan Korban Terdampak Bencana di Jateng


Supardji Rasban |


SEKRETARIS Jenderal Palang Merah Indonesia (Sekjen PMI) Sudirman Said, meninjau sejumlah tempat yang dilanda bencana alam baik banjir maupun puting beliung di Jawa Tengah bagian barat. Tak hanya meninjau PMI juga memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana alam tersebut.

"Kita ingin melihat langsung operasi teman-teman relawan PMI di wilayah yang dilanda bencana alam, untuk memastikan bahwa mereka juga ikut terlibat dalam upaya membantu warga yang terdampak," ujar Sudirman, saat meninjau warga terdampak banjir dan puting beliung di Desa Kaligangsa Wetan, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Minggu (28/2/2021).

Sudirman mengaku sudah mendapat laporan dari PMI Jawa Tengah jika semua jajaran PMI baik di Kabupaten/Kota sudah mendirikan posko yang sewaktu-waktu jika ada bencana bisa langsung bergerak untuk membantu. 

"Karena kita belum tahu cuaca ekstrem ini berhentinya kapan dan pandemi covid-19 juga selesainya juga selesainya kapan. Karenanya kita
berharap kesiagaan teman-teman PMI jika terjadi bencana alam," ucap Sudirman.

Dijelaskan Sudirman, selain ke Kota Tegal dan Kabupaten Tegal peninjauan terhadap wilayah terdampak banjir juga berlanjut ke Pekalongan. "Kita juga akan melihat wilayah terdampak bencana di Kecamatan Wiradesa, Pekalongan," tutur Sudirnan.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini menuturkan, PMI memiliki protokol enam jam setelah bencana itu relawan PMI harus berada di lapangan.

"Meskipun tidak langsung bersentuan dengan petani tapi ini bagian dari becana. Karena itu sedikit banyak relawan PMI menaruh perhatian dengan memberikan bantuan kepada petani yang gagal panen maupunn warga yang terdampak puting beliung ," terang SS, sapaan Sudirman Said.

Menurut SS bantuan terhadap warga terdampak bencana banjir yakni para petani yang gagal panen di Kecamatan Margadana Kota Tegal, berupa sembakau. "Pokonya kita beri bantuan untuk keperluan sehari-hari baik warga terdampat banjir maupun puting beliung di Kota Tegal ini," pungkas SS.

Seperti diketahui, Kota dan Kabupaten Tegal merupakan sejumlah wilayah yang dilanda bencana alam baik bencana banjir maupun puting beliung, akibat adanya cuaca ekstrem beberapa waktu lalu. (OL-13)

Baca Juga: DPO Pencuri Emas dan Uang Senilai Rp50 Miliar Ditangkap di Alor

 

BERITA TERKAIT