01 March 2021, 03:32 WIB

Warga Korban Tanah Bergerak di Purbalingga Mulai Tempati Huntara


Lilik Darmawan | Nusantara

SEBAGAIAN warga korban tanah bergerak di Dusun Pagersari, Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan, Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) mulai menempati hunian sementara (huntara).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan bahwa tanah bergerak yang terjadi di Dusun Pagersari telah berdampak pada sekitar 100 rumah, 17 di antaranya rusak berat.

"Kami berterima kasih kepada para donatur yang telah membangun huntara ini. Selain itu juga kepada Lembaga Penanggulangan Bencana  (LPB) Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Kabupaten Purbalingga yang telah membangun Posko OMOR (One Muhammadiyah One Response). OMOR telah memberikan pendampingan kepada para keluarga yang  terdampak," kata Bupati usai meresmikan huntara.

Ketua LPB MDMC PD Muhammadiyah Purbalingga Suprapto mengatakan bahwa posko OMOR memiliki tujuan menghimpun seluruh  potensi yang ada di Muhammadiyah dengan seluruh organisasi otonomnya saling bahu membahu bagaimana membantu masyarakat yang terkena bencana dari berbagai aspek.

"Setelah masa darurat selesai, kami punya program yakni pendampingan psikososial, psikospiritual, pendampingan UMKM, dan pembangunan huntara. Pembangunan huntara dibantu TNI, unsur relawan termasuk masyarakat. Tentunya kami juga berkoordinasi dengan BPBD selaku leading sector penanggulangan bencana," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT